Perlukah Pria Melakukan Test Analisis Sperma Sebelum Menikah?

Jarang bagi seorang pria yang mau menikah untuk memeriksakan spermanya. Namun sebenarnya ini boleh-boleh saja dilakukan apalagi jika Anda pernah mengalami sakit pada masa lalunya seperti pernah jatuh dari sepeda. Terbentur sehingga dikhawatirkan alat reproduksinya mengalami gangguan dalam memproduksi sperma. Atau mungkin dahulu Anda mempunyai riwayat yang kelam, sering jajan atau melakukan hubungan dengan lawan jenis berganti-ganti. Mungkin tanpa disadari saat ini Anda akan terjangkit infeksi baik itu virus maupun bakteri sehingga kesehatan sperma siapa tahu tidak berada pada kondisi yang bagus.

Nah, kadangkala kekawatiran seorang lelaki yang ingin segera menikah dengan masa lalu begitu kuatnya. Lalu seberapa pentingkah melakukan tes tersebut sebelum menikah? 

Menurut  Dr Andri Wanananda, MS yang mengatakan bahwa tes kesehatan bagi pria sebelum menikah memang perlu dilakukan terutama untuk mengetahui risiko penyakit, misalnya penyakit menular seksual (PMS).

Seorang pria boleh saja melakukan test analisis sperma sebelum menikah sebenarnya adalah upaya yang baik karena jika ketahuan  hasil analisis spermanya kurang sehat, maka bisa di obati dan dilakukan modifikasi gaya hidup. Banyak pria merasa kualitas spermanya kurang bagus  jika dalam waktu setahun sudah rutin berhubungan dan pasangannya dalam keadaan baik-baik saja, tapi tak kunjung hamil.

"Tapi enggak masalah kalau mau cek kesehatan sebelum nikah, kalau hasilnya jelek, rokok, bahan-bahan kimia, dan logam itu harus dihindari. Hidup sehat juga penting," katanya.

Menurut parameter WHO tahun 2012 jumlah minimal sperma yaitu 15 juta per mililiter. Gerakan yang normal yaitu progresif (lurus ke depan) dan bentuk (morfologi) sperma yang normal yakni ekornya lurus, tidak bengkok atau patah, kepalanya lonjong, lehernya tidak terdapat sisa sitoplasma, dan di kepala sperma ada akrosom.

Untuk Anda yang saat ini belum menikah namun memiliki kekhawatiran yang sangat besar mengenai kualitas sel spermanya, Maka Ada tulisan bagus untuk mendukung langkah Anda mencari informasi yang benar perihal kesehatan sperma dengan membaca : Faktor Penting dalam Analisis Sperma Pria.