Kenali Ciri Sperma yang Tidak Sehat dari Bau, Warna hingga jumlahnya.

Tahukah Anda bahwa sperma yang sehat dan tidak itu memiliki ciri tersendiri yang sangat spesifik. Memang jika kita pingin tahu detailnya harus melalui pemeriksaan laboratorium namun dengan kasat mata kita juga sudah bisa memperkirakannya antara lain kita bisa mengenali dari bentuk, warna aroma dan rasa dari sperma itu sendiri.

Menurut mayo clinic ciri air mani yang tidak sehat  itu bisa dilihat dari :

Jumlah Sperma yang Sedikit
Jika seorang lelaki berhasil ejakulasi dengan mengeluarkan paling tidak 1 sendok teh cairan semen atau air mani, yang mengandung 200-500 juta sel jantan (spermatozoa), maka bisa dikatakan sehat. Namun jika terjadi penurunan volume air mani pada saat ejakulasi bisa jadi karena adanya penyumbatan dalam vesikula seminalis atau saluran ejakulasi.

Ini bisa juga sebagai petunjuk  bahwa air mani mengalir ke kandung kemih bukan melalui penis saat ejakulasi. Retrograde ejaculation bisa terjadi akibat adanya infeksi prostat, belum operasi prostat, diabetes, dan obat-obatan tertentu.

Sperma Terlalu Kental
Tahukah Anda bahwa sesaat setelah ejakulasi, air mani yang keluar akan mengental seperti jelly paling tidak dalam kurun waktu 30 menit. Setelah itu sperma akan mencair dengan sendirinya. Tapi air mani akan semakin kental saat pria mengalami dehidrasi. Namun apabila air mani terlalu kental dan tidak mencair bisa jadi ini ada masalah serius yaitu rendahnya tingkat hormon testosterone. Segera hubungi dokter kandungan Anda untuk mengkonsultasikan masalah ini atau Anda baca: Penyebab Air Mani Terlalu Kental

Sperma Berwarna Coklat atau Kemerahan
Sperma yang normal ujudnya kental berwarna putih awan, sedikit kuning atau sedikit abu-abu. Apabila warnanya merah atau kecokelatan saat ejakulasi, kemungkinan besar disebabkan adanya  pembuluh darah pecah di prostat. Bisa juga darah yang keluar bersama sperna karena infeksi, pernah terjatuh atau dalam kasus yang parah bisa terjadi karena adanya kanker.   

Sperma Berwarna Kuning Kehijauan
Bila Anda menemui sperma terlihat berwarna kuning atau hijau, maka hal ini  mengindikasikan adanya infeksi, Bisa jadi disebabkan karena penyakit menular seksual seperti kencing nanah. Pengobatan yang diberikan tidak boleh asl-asalan seperti antiobiotik yang dibeli di apotik. Segera Anda konsultasikan ke dokter kulit dan kelamin.

Sperma Berbau Busuk
Tahukah Anda bahwa sperma yang normal biasanya berbau klorin. Namun bila sperma  Anda berbau busuk, bisa jadi itu salah satu tanda-tanda infeksi. Sama dengan kasus sperma yang berwarna tidak normal, Anda harus mau memeriksakan diri ke dokter Ahli Penyakit Kulit dan Kelamin.

Untuk Anda yang saat ini sedang resah dengan kondisi kesehatan spermanya dan pingin mengetahui seara detail tentang kesehatan reproduksi baik pria maupun wanita terutama sebagai bekal informasi terpercaya sebelum datang ke dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin wajib Anda baca : Penyebab Sperma Tidak Sehat dan Cara Mengatasinya.