Cara Mengetahui Kualitas Sperma Pria

ciri sperma sehat berkualitas
Tahukah Anda bahwa seorang pria yang memiliki sperma  cukup banyak  ternyata bukan jaminan untuk mampu membuahi sel telur wanita sehingga dapat terjadi kehamilan. Kadangkala ditemukan bahwa sperma yang banyak tak jarang sel spermatozoanya dalam keadaan lemah, bahkan kadang tidak ditemukan adanya sel spermatozoanya.  Penyebab Mengapa Kualitas Sperma Jelak antara lain adalah karena  faktor stres, emosi yang tidak terkontrol, makanan yang tidak sehat, kurangnya hormon estrogen, terkena penyakit seperti  diabetes dan jantung. Bisa juga rendah mutu sperma karena disebabkan terjadinya radiasi atau bisa juga karena dalam lingkungannya sering terpapar  zat-zat kimia.


Untuk mengetahui apakah sperma seorang pria tergolong lemah kita dapat melihat dari ciri atau tanda-tandanya. Antara lain :
  1. Sperma pria normal dan sehat memiliki  ukuran  sekitar 200 mililiter. 
  2. Warna sperma pria yang sehat adalah kelabu pucat, atau cenderung putih.
  3. Sperma yang sehat  berbau seperti  bunga akasia.
  4. Nah, kekentalan sperma yang baik adalah  berlangsung selama 10-15 menit, dan setelah itu ia akan mencair.
  5. Sperma yang sehat dan normal memiliki derajat keasaman maksimal 7 pH, atau cenderung basa. Jika terlalu asam, sel sperma lemah, bahkan kosong. Cara mengetahuinya adalah dengan  mengukur keasaman sperma  menggunakan kertas lakmus yang bisa dibeli di apotek. Kertas ini akan memberikan petunjuk seberapa asam atau seberapa basa kondisi sperma.
  6. Kunjungi laboratorium infertilitas dan lakukan check sperma disana bersama pasangan Anda.  Nah, tanda sperma yang sehat itu antara lain : gerakannya gesit, jumlah sel sperma dalam satu mililiter sekitar 20 juta ekor. Sehingga untuk berhasil membuahi minimal sperma harus ada sel spermatozoa sebanyak  40 juta ekor. Bentuk sperma harus normal. Tandanya : kepalanya oval dan ekornya bergerak-gerak dengan lincah dan berjalan cepat.

Makanan dan Minuman Penambah Cairan Sperma

Cairan Sperma akan bertambah jika Anda cukup mengkonsumi makanan yang mengandung gizi seimbang. Terdiri air minum, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Lakukan olahraga dengan teratur, terjadwal dan bukan olahraga yang menekankan fisik terlalu berat. Aerobic jalan cepat, dan senam dan renang adalah pilihan yang bijak. Tidurlah yang teratur paling tidak 8 jam dan hindari stress berlebih serta hindari rokok dan minuman beralkohol.

Untuk mengetahui lebih detail mengapa seorang pria harus mengetahui keadaan spermanya. Baca : Cara Menjaga Kualitas Sperma menurut dokter Ahli Kandungan.